PT. SRIAYU MULTI KREASI

Jln. Hayam Wuruk No. 2-5

Gedung Harco Glodok Lantai 5 Blok A.42 - Jakarta Barat

PT. SRIAYU MULTI KREASI

Fluke 438-II Power Quality dan Motor Analyzer


Sebagai alat uji analisis motor portabel yang ideal, 438-II dapat membantu menemukan, memprediksi, mencegah, dan menelusuri masalah kualitas daya pada sistem distribusi daya tiga fase dan satu fase, sekaligus memberi informasi mekanik dan kelistrikan yang diperlukan kepada teknisi untuk secara efektif mengevaluasi performa motor.

Mengukur parameter penting pada motor direct-on-line dan motor yang digerakkan oleh sistem penggerak frekuensi variabel tertentu termasuk torsi, RPM, daya mekanis, dan efisiensi motor
Menjalankan analisis motor yang dinamis dengan memplot faktor penurunan kapasitas motor terhadap muatan berdasarkan pada pedoman NEMA/IEC
Menghitung daya mekanik dan efisiensi tanpa memerlukan sensor mekanik, cukup menghubungkan ke konduktor input dan Anda sudah siap untuk memulainya
Mengukur parameter daya listrik seperti tegangan, arus, daya, daya semu, faktor daya, distorsi harmonisa, dan ketidak-seimbangan untuk mengidentifikasi karakteristik yang memengaruhi efisiensi motor
Mengidentifikasi masalah kualitas daya seperti penurunan (dip), peningkatan (swell), peralihan (transient), harmonisa, dan ketidak-seimbangan (unbalance)
Teknologi data PowerWave mencatat data RMS dengan cepat dan menampilkan rata-rata setengah siklus dan bentuk gelombang untuk menentukan karakteristik kedinamisan sistem kelistrikan (penyalaan generator, sakelar UPS, dsb.)
Fungsi capture waveform mencatat 100/120 siklus (50/60 Hz) dari setiap kejadian yang terdeteksi, pada semua model, tanpa penyetelan
Mode peralihan otomatis mencatat data bentuk gelombang pada 200 kS/dtk di semua fase secara simultan hingga 6 kV
Kompatibel dengan Fluke Connect®* – Lihat data secara lokal pada instrumen, melalui aplikasi seluler Fluke Connect dan perangkat lunak desktop PowerLog 430-II
Berperingkat keamana untuk penggunan industri 600 V CAT IV/1000 V CAT III untuk penggunaan di pintu masuk fasilitas dan ke arah hilir

Fungsi pengukuran mekanik Fluke 438-II

Torsi motor
Menghitung jumlah gaya rotasi (ditampilkan dalam lb.ft atau Nm) yang dikembangkan oleh motor dan ditransmisikan menjadi beban mekanik yang digerakkan. Torsi motor adalah satu variabel paling penting yang menunjukkan karakteristik performa mekanik dengan seketika dari peralatan yang berputar yang digerakkan oleh motor listrik.

Kecepatan motor
Menyediakan kecepatan rotasi shaft motor secara langsung. Dikombinasikan dengan torsi motor, kecepatan motor memberikan cuplikan performa mekanik dari peralatan yang berputar yang digerakkan oleh motor listrik.

Beban mekanik motor
Mengukur daya mekanik secara aktual (ditampilkan dalam satuan hp atau kW) yang dihasilkan oleh motor dan menyediakan hubungan langsung ke kondisi kelebihan muatan tanpa mendasarkannya pada arus motor.

Efisiensi motor
Menunjukkan keefektifan setiap motor dalam sebuah mesin, jalur perakitan, pabrik, dan/atau fasilitas dengan mengkonversi daya listrik menjadi pekerjaan mekanis yang berguna. Dengan mengagregasikan keefektifan populasi motor secara tepat, efisiensi total (agregat) dapat diperkirakan. Membandingkan dengan efisiensi motor yang diharapkan pada kondisi operasi yang diamati dapat membantu menghitung biaya yang terkait dengan ketidakefisiensian energi motor.

Bagaimana cara kerjanya
Dengan menggunakan algoritmanya sendiri, Power Quality dan Motor Analyzer Fluke 438-II menggunakan bentuk gelombang arus dan tegangan tiga fase untuk menghitung torsi motor, kecepatan, beban, dan efisiensi dengan tingkat pembaruan 1 detik. Ruang celah udara motor, seperti yang diamati melalui bentuk gelombang tegangan/arus, menyediakan dasar pengukuran. Sensor mekanik dan pengujian motor tanpa beban intrusif tidak diperlukan, sehingga membuatnya lebih cepat dari sebelumnya untuk menganalisis performa motor listrik secara keseluruhan.

Jenis Motor
Fluke 438-II dapat menganalisis motor direct-on-line dan motor yang digerakkan oleh sistem penggerak frekuensi variabel (VFD). VFD harus berupa sistem yang dikontrol tegangan dengan rentang tegangan / frekuensi 40 s/d 70Hz, dan rentang pembawa 2,5kHz s/d 20kHz.
Analisis motor listrik

Fluke 438-II menyediakan uraian parameter kelistrikan yang lengkap. Sebelum memulai analisis motor, disarankan agar melakukan pengukuran kualitas daya dasar untuk menilai status harmonisa dan ketidak-seimbangan pada output fasilitas listrik karena kedua hal ini dapat berdampak negatif yang sangat serius pada performa motor.

Saat dalam mode Analisis Motor, hasil dirangkum untuk performa kelistrikan, performa mekanik, dan penurunan kapasitas (derating) (berdasarkan pada rekomendasi NEMA).

Skala keparahan dengan empat level warna yang mudah dipahami mengindikasikan performa motor terkait dengan level parameter kelistrikan yang disarankan, termasuk daya terukur, faktor daya, ketidak-seimbangan, dan harmonisa.
screen view motor analyzer electrical
Untuk daya mekanis, Anda dapat langsung melihat daya output mekanik bersamaan dengan torsi dan kecepatan motor. Daya output mekanik langsung dibandingkan dengan daya listrik untuk menghasilkan pengukuran efisiensi yang langsung. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengukur performa mesin selama setiap siklus operasi.
screen view motor analyzer mechanical
Layar penurunan kapasitas (derating) NEMA diperbarui saat beban dan kondisi listrik berubah, dan setiap pengukuran baru diplot pada grafik toleransi sebagai “+”. Dalam contoh ini, kita dapat melihat bahwa motor berada dalam toleransi tetapi mendekati faktor servis. Hal ini menandakan bawa mungkin diperlukan mitigasi kualitas daya, pemeliharaan motor, atau beberapa penyesuaian untuk peningkatan performa lainnya. Dengan menjalankan pengujian ini secara berkala dari waktu ke waktu, tolok ukur, dan tren performa yang dikenali dapat dibuat, sehingga memungkinkan mengambil keputusan investasi untuk pemeliharaan yang diinformasikan.

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PRODUK KAMI

VISITOR